tela'ah PAI

TUGAS TM PAI MATERI QURDIS KELAS XII SMT I
di MAN 3 PEKALONGAN

Disusun untuk memenuhi tugas:
Mata kuliah: Tela’ah Materi PAI
Dosen pengampu: Nur Khasanah,M.Pd






Disusun Oleh :
NAMA : Muh.Abdul Rohman
NIM : 2021110126
KELAS : I







TARBIYAH PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2011/ 2012





Bab I
PENDAHULUAN

Salah satu tugas sekolah adalah memberikan pengajaran kepada anak didik. Mereka harus memperoleh kecakapan dan pengetahuan sekolah, di samping mengembangkan pribadinya, pemberian kecakapan dan pengetahuan kepada murid–murid yang merupakan proses pengajaran ( proses belajar mengajar ) itu dilakukan oleh guru di Sekolah dengan cara–cara atau metode-metode yang digunakan dengan cara menelaah. Guru dapat memperbaiki materi-materi yang akan diajarkan sesuai dengan kemampuan siswa.






















BAB II
PEMBAHASAN
A.Materi mata Pelajaran Qur’an Hadits yang di pelajari di MAN 3 Pekalongan kelas XII Semester 1


  1. MEMAHAMI AYAT-AYAT AL QUR’AN DAN AL HADITS TENTANG KEWAJIBAN BERDA’WAH.


  • Kompetensi Dasar :
  • Mengartikan QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah.
  • Menjelaskan kandungan QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah.
  • Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. An-Nahl 125 ; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah.
  • Menerapkan strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96; dan hadits tentang berda’wah dalam kehidupan sehari-hari.


  1. MEMAHAMI AYAT-AYAT AL QUR’AN DAN AL HADITS TENTANG TANGGUNG JAWAB MANUSIA TERHADAP KELUARGA DAN MASYARAKAT

  • Kompetensi Dasar :
  • Mengartikan QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
  • Menjelaskan kandungan QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132; QS. al-An’am: 70; QS.An-Nisa’ :36 dan QS. Hud: 117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
  • Mengidentifikasi perilaku orang yang mengamalkn QS At-Tahrim: 6,QS. Thaha 132; S. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
  • Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam QS At-Tahrim: 6,QS. Thaha: 132; QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia dalam kehidupan sehari-hari


  1. MEMAHAMI AYAT –AYAT AL-QUR’AN DAN HADITS TENTANG BERLAKU ADIL DAN JUJUR

  • Kompetensi Dasar :
  • Mengartikan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.
  • Menjelaskan kandungan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.
  • Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
  • Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti terkndung dalam QS.al-Maidal: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.


B.Penela’ahan dan Kritik
  1. Bab III MEMAHAMI AYAT –AYAT AL-QUR’AN DAN HADITS TENTANG BERLAKU ADIL DAN JUJUR
  • Standar Kompetensi (SK) : Memahami ayat –ayat al-qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
  • Kompetensi Dasar (KD) : Mengartikan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.
  • Indikator :
    • Membaca QS. Al-Maidah:8-10.
    • Membaca QS. An-Nahl :90-92.
    • Membaca QS. An-Nisa’: 105.
    • Membaca Hadits. tentang berlaku adil dan jujur
    • Menyebutkan makna mufradat
    • Mengartikan QS. Al-Maidah:8-10
    • Mengartikan QS. An-Nahl :90-92
    • Mengartikan QS. An-Nisa’: 105.
    • Mengartikan Hadits tentang berlaku adil dan jujur


  1. Bab III MEMAHAMI AYAT –AYAT AL-QUR’AN DAN HADITS TENTANG BERLAKU ADIL DAN JUJUR
  • Standar Kompetensi (SK) : Memahami ayat –ayat al-qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
  • Kompetensi Dasar (KD) : Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
    • Indikator :
    • Menujukkan perilaku orang yang menegakkan kebenaran karena Allah dan menjadi saksi yang adil seperti terkandung dalam QS. Al-Maidah: 8-10
    • Menujukkan perilaku orang yang melaksanakan sikap adil, ihsan , dan memberi kepada kerabat sebagaimana terkandung dalam QS An-Nahl:90.
    • Menujukkan perilaku orang yang meninggalkan perbuatan keji, munkar dan permusuhan seperti yang terkandung dalam QS An-Nahl:90.
    • Menujukkan perilaku orang yang menepati janji dan sumpah seperti terkandung dalam QS An-Nahl:91-92.
    • Menujukkan perilaku orang yang berlaku adil dan tidak memihak dalam menetapkan hukum seperti terkandung dalam QS. an-Nisa’:105
    • Menujukkan perilaku orang yang melaksanakan keadilan dalam hukum dan hal-hal yang diamanatkan kepadanya


  1. Bab III MEMAHAMI AYAT –AYAT AL-QUR’AN DAN HADITS TENTANG BERLAKU ADIL DAN JUJUR
  • Standar Kompetensi (SK) : Memahami ayat –ayat al-qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
  • Kompetensi Dasar (KD) : Menjelaskan kandungan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.
  • Indikator :
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang menegakkan kebenaran karena Allah dan menjadi saksi yang adil seperti terkandung dalam QS. Al-Maidah :8-10
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah melaksanakan sikap adil, ihsan , dan memberi kepada kerabat sebagaimana terkandung dalam QS An-Nahl:90.
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang larangan melakukan perbuatan keji, munkar dan permusuhan seperti yang terkandung dalam QS An-Nahl:90.
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang perinatah menepati janji dan sumpah seperti terkandung dalam QS An-Nahl:91-92.
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang Keharusan berlaku adil dan tidak memihak dalam menetapkan hukum. seperti terkandung dalam QS.An-Nisa’:105.
    • Menjelaskan kandungan hadits tentang melaksanakan keadilan dalam hukum dan hal-hal yang diamanatkan kepadanya.
  1. Bab III MEMAHAMI AYAT –AYAT AL-QUR’AN DAN HADITS TENTANG BERLAKU ADIL DAN JUJUR
  • Standar Kompetensi (SK) : Memahami ayat–ayat al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
  • Kompetensi Dasar (KD) : Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti terkndung dalam QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
  • Indikator :
  • Mempertahankan kebenaran karena Allah
    • Memberikan kesaksian secara adil dan jujur.
    • Melaksanakan kewajiban secara disiplin.
    • Melakukan perbuatan ihsan kepada siapaun dan dimanapun.
    • Memberikan hak kepada kerabat dekat
    • Meningglkan perbuatan-perbuatan keji, munkar, dan permusuhan.
    • Menepati janji dan sumpah yang telah diucapkan.
    • Melaksanakan amanah yang baik.
    • Tidak bersifat khianat
    • Meningkatkan keyakinan adanya balasan bagi orang yang berbuat baik
    • Meyakini adanya siksa bagi orang yang berbuat buruk


C.Masalah
Setelah saya tela’ah antara silabus ,RPP dan buku panduan yang digunakan selama satu semester,tidak ada perbeda’an SK,KD dan Indikator secara signifikan.Namun pada buku panduan yang digunakan tidak terdapat KD tentang mengartikan ayat Al-qur’an dan hadits.
Pada setiap kali pertemuan hanya ada satu Kompetensi Dasar (KD) yang diajarkan.Namun,ada salah satu pertemuan yang tidak terdapat Indikator tentang materi hadits,padahal pada Kompetensi Dasarnya tertulis (Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur).Dan pada Bab III terdapat KD yang menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO) yang seharusnya digunakan pada Indikator.Pada bab III ini juga terdapat indikator dan pembelajaran yang kurang jelas meteri yang akan diperdalam.Yaitu pada RPP tentang “Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur”.Dimana pada RPP tertulis model pembelajarannya adalah “siswa memainkan peran yang tidak menegangkan” dan pada langkah pembelajarannya tertulis “siswa memperhatikan tayangan melalui sumber audio visual....”.Sedangkan pada RPP tidak tertulis media pembelajaran yang digunakan.


D.Solusi
Dilihat dari permasalahan-permasalahan di atas,Kami lebih setuju pada silabus dan RPP yang menyertakan KD tentang mengartikan surat dan mufrodat hadits.Pada Bab III sebaiknya setiap kali pertemuan hanya mendalami satu Surat atau satu hadits saja yang berhubungan dengan SK.Karena menurut saya jika setiap kali pertemuan membahas lebih dari satu surat maka pendalaman setiap surat akan kurang.Misalnya,pertemuan pertama mendalami QS.al-Maidah 8-10,pertemuan kedua tentana QS.An-Nahl 90-92,pertemuan ketiga tentang QS.An-Nisa 105, dan pertemuan keempat hadits tentang adil dan jujur.Sehingga Indikator setiap pertemuan hanya berisi tentang pendalaman satu QS atau satu Hadits dan pembelajaran pun akan lebih terarah.
Kemudian KD yang berbunyi :Menjelaskan kandungan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.Seharusnya berbunyi : “Memahami kandungan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.Karena jika menggunakan kata “Menjelaskan” maka kurang sesuai dengan aturan yang ada.Karena kata “Menjelaskan” seharunya digunakan pada Indikator.Menurut penela’ahan yang saya lakukan masih banyak KD dan Indikator yang menggunakan kata-kata yang tidak seharusnya,perubahan KD dan Indikator akan saya lampirkan di belakang dalam kolom khusus.
Pada KD tentang Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur,saya lebih setuju dengan langkah pembelajaran yaitu siswa memperhatikan tayangan melalui audio visual,karena jika siswa memainkan peran/drama,maka akan lebih banyak waktu yang dibutuhkan.Jika boleh mengkritisi lagi mungkin lebih baik pada KD tersebut diganti dengan mebaca dengan tartil atau hafalan,karena jika KD tersebut berbunyi menunjukkan akan lebih mempersulit guru dalam melakukan penilaian.Jika diamati pada RPP dan silabus terdapat 4 inti Indikator,yaitu mengartikan,menjelaskan,menunjukkan dan menerapkan yang mana setiap pertemuan hanya ada satu Indikator,misalnya pertemuan pertama mengartikan,kemudian pertemuan kedua menjelaskan, tetapi setiap pertemuan terdapat lebih dari satu surat Qur’an atau hadits yang dipelajari.Menurut hemat saya itu terkesan spaneng,lebih baik satu pertemuan 4 Indikator sekaligus (mengartikan,menjelaskan,menunjukkan dan menerapkan) tetapi hanya ada satu Surat Al-qur’an atau hadits yang dipelajari.Berbeda dengan buku panduan yang setiap kali pertemuan hanya mempelajari satu surat saja dan indicator setiap pertemuan pun terdapat 4 indikator yang berbeda level (mengartikan, menjelaskan, menunjukkan dan menerapkan).Dalam hal ini saya lebih setuju pada buku panduan.


D.Tabel Perubahan Kompetensi Dasar Satu Semester
KD SEMULA
KD PERUBAHAN
  • Mengartikan QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah.

  • Mempelajari QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah.
  • Menjelaskan kandungan QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah.
  • Mendalami isi kandungan QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah.
  • Mengartikan QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
  • Mempelajari QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
Menjelaskan kandungan QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132; QS. al-An’am: 70; QS.An-Nisa’ :36 dan QS. Hud: 117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
Mendalami isi kandungan QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132; QS. al-An’am: 70; QS.An-Nisa’ :36 dan QS. Hud: 117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
  • Mengidentifikasi perilaku orang yang mengamalkn QS At-Tahrim: 6,QS. Thaha 132; S. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
  • Mengamati perilaku orang yang mengamalkn QS At-Tahrim: 6,QS. Thaha 132; S. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
  • Mengartikan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.
  • Mempelejari QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.
  • Menjelaskan kandungan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.
  • Mendalami isi kandungan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.
    1. Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. An-Nahl 125 ; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah.

    1. Membaca dengan tartil dan menghafalkan QS. An-Nahl 125 ; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah.
    1. Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS.al-Maidal: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
    1. Membaca dengan tartil dan menghafalkan QS.al-Maidal: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur


E.Tabel Perubahan Indikator Pada Bab III Semester II
  • Menunjukkan perilaku orang melaksanakan dakwah dengan strategi bilhikmah, mau’idhah hasanah, dan mujadalah(dialog) seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125.
  • Membaca dengan tartil dan menghafalkan QS. An-Nahl:125.

  • Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari lingkungan keluarga seperti terkandung dalam QS. QS. Asy-Syu’ara: 214-216

  • Membaca dengan tartil dan menghafalkan QS. Asy-Syu’ara: 214-216

  • Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah secara terang-terangan di masyarakat seperti terkandung dalam QS Al-Hijr
  • Membaca dengan tartil dan menghafalkan QS Al-Hijr

  • Menujukkan perilaku orang yang menegakkan kebenaran karena Allah dan menjadi saksi yang adil seperti terkandung dalam QS. Al-Maidah: 8-10
  • Membaca dengan tarti dan menghafalkanQS. Al-Maidah: 8-10
  • Menujukkan perilaku orang yang melaksanakan sikap adil, ihsan , dan memberi kepada kerabat sebagaimana terkandung dalam QS An-Nahl:90.
  • Membaca dengan tarti dan menghafalkan QS An-Nahl:90.
  • Menujukkan perilaku orang yang menepati janji dan sumpah seperti terkandung dalam QS An-Nahl:91-92.
  • Membaca dengan tarti dan menghafalkan QS An-Nahl:91-92.
  • Menujukkan perilaku orang yang berlaku adil dan tidak memihak dalam menetap-kan hukum seperti terkandung dalam QS. an-Nisa’:105
  • Membaca dengan tarti dan menghafalkan QS. an-Nisa’:105


F.RPP yang menurut Penela’ah Bermasalah
Dalam membuat RPP hendaknya melaksanakan prosedur pembuatan RPP karena jika tidak,maka pembelajaran akan kurang jelas.Indikator yang seharusnya tercapai akan tidak tercapai bila RPPnya tidak menganut standart pembuatan RPP.Berikut ini lampiran RPP yang menurut saya pola pembelajarannya kurang tergambarkan dalam RPP dan juga RPPnya kurang sesuai dengan standart,yaitu penggunaan kata-kata yang tidak pada tempatnya.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Satuan Pendidikan : MAN 3 PEKALONGAN
Mata Pelajaran : AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran


  1. Standar Kompetensi:
3. Memahami ayat–ayat al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
  1. Kompetensi Dasar
3.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS.al-Maidal: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
  1. Indikator Pencapaian Kompetensi :
    • Menujukkan perilaku orang yang menegakkan kebenaran karena Allah dan menjadi saksi yang adil seperti terkandung dalam QS. Al-Maidah: 8-10
    • Menujukkan perilaku orang yang melaksanakan sikap adil, ihsan , dan memberi kepada kerabat sebagaimana terkandung dalam QS An-Nahl:90.
    • Menujukkan perilaku orang yang meninggalkan perbuatan keji, munkar dan permusuhan seperti yang terkandung dalam QS An-Nahl:90.
    • Menujukkan perilaku orang yang menepati janji dan sumpah seperti terkandung dalam QS An-Nahl:91-92.
    • Menujukkan perilaku orang yang berlaku adil dan tidak memihak dalam menetapkan hukum seperti terkandung dalam QS. an-Nisa’:105
    • Menujukkan perilaku orang yang melaksanakan keadilan dalam hukum dan hal-hal yang diamanatkan kepadanya
Nilai Karakter Bangsa
    • Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
    • Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
    • Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
    • Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
    • Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


  1. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
    • Menujukkan perilaku orang yang menegakkan kebenaran karena Allah dan menjadi saksi yang adil seperti terkandung dalam QS. Al-Maidah: 8-10
    • Menujukkan perilaku orang yang melaksanakan sikap adil, ihsan , dan memberi kepada kerabat sebagaimana terkandung dalam QS An-Nahl:90.
    • Menujukkan perilaku orang yang meninggalkan perbuatan keji, munkar dan permusuhan seperti yang terkandung dalam QS An-Nahl:90.
    • Menujukkan perilaku orang yang menepati janji dan sumpah seperti terkandung dalam QS An-Nahl:91-92.
    • Menujukkan perilaku orang yang berlaku adil dan tidak memihak dalam menetapkan hukum seperti terkandung dalam QS. an-Nisa’:105
    • Menujukkan perilaku orang yang melaksanakan keadilan dalam hukum dan hal-hal yang diamanatkan kepadanya






  1. Materi Pembelajaran :
    • Contoh perilaku orang yang mengamalkan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur


  1. Metode Pembelajaran
    • Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
    • Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi


  1. Langkah Pembelajaran :
    • Pendahuluaan
    • Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
    • Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    • Tanya jawab secara klassikal tentang berlaku adil dan jujur
    • Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
    • Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
    • Memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang berlaku adil dan jujur secara berkelompok berdiskusi
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
    • Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai contoh perilaku orang yang berlaku adil dan jujur
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
    • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
    • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.


  • Penutup
    • Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
    • Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
    • Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);


  1. Sumber Belajar :
    • Buku pelajaran siswa
    • Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    • Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
    • M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    • Referensi perpustakaan
    • Internet


  1. Penilaian
    • Penilaian Proses
    • Penilaian Hasil
    • Jenis Tagihan:
      • Tes Tulis
      • Tugas
    • Bentuk instrumen
      • Tes Subyektif
      • Tugas Individual













































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Satuan Pendidikan : MAN 3 PEKALONGAN
Mata Pelajaran : AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran


  1. Standar Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat


  1. Kompetensi Dasar
2.3 Mengidentifikasi perilaku orang yang mengamalkn QS At-Tahrim: 6,QS. Thaha 132; S. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat


  1. Indikator Pencapaian Kompetensi :
    • Menunjukkan perilaku orang yang menanamkan pendidikan agama dalam keluarga.
    • Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan perintah sholat dan sabar dalam lingkungan keluarganya.
    • Menunjukkan perilaku meninggalkan orang yang mempermainkan agama dan memperingatkannya dengan berpedoman al-Qiur’an.
    • Menunjukkan perilaku orang yang menyembah Allah dan tidak menyekutukannya, berbakti kepada orang tua, dan berbuat baik kepada sesama manusia
    • Menunjukkan akibat perilaku orang yang berbuat kedholiman dan memberikan keselamatan bagi yang beramal shalih.
    • Menunjukkan perilaku orang yang bertnggung jawab dalam melaksanakan kewajibannya
Nilai Karakter Bangsa
    • Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
    • Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
    • Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
    • Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
    • Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


  1. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
    • Menunjukkan perilaku orang yang menanamkan pendidikan agama dalam keluarga.
    • Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan perintah sholat dan sabar dalam lingkungan keluarganya.
    • Menunjukkan perilaku meninggalkan orang yang mempermainkan agama dan memperingatkannya dengan berpedoman al-Qiur’an.
    • Menunjukkan perilaku orang yang menyembah Allah dan tidak menyekutukannya, berbakti kepada orang tua, dan berbuat baik kepada sesama manusia
    • Menunjukkan akibat perilaku orang yang berbuat kedholiman dan memberikan keselamatan bagi yang beramal shalih.
    • Menunjukkan perilaku orang yang bertnggung jawab dalam melaksanakan kewajibannya


  1. Materi Pembelajaran :
    • Contoh perilaku orang yang mengamalkan QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat


  1. Metode Pembelajaran
    • Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
    • Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi


  1. Langkah Pembelajaran :
    • Pendahuluaan
    • Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
    • Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    • Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
    • Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
    • Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
    • Memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang bertanggung jawab kepada keluarga dan masyarakat.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
    • Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang bertanggung jawab kepada keluarga dan masyarakat
    • Mengambil kesim-pulan setelah berdis-kusi mengenai contoh perilaku orang yang bertanggung jawab kepada keluarga dan masyarakat
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
    • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
    • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
  • Penutup
    • Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
    • Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
    • Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
    • Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru dst….. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
  1. Sumber Belajar :
    • Buku pelajaran siswa
    • Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    • Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
    • M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    • Referensi perpustakaan
    • Internet
    • Lingkungan sosial
    • Media audio visual
    • Media cetak
  1. Penilaian
    • Penilaian Proses
    • Penilaian Hasil
    • Jenis Tagihan:
      • Tes Tulis
      • Tugas
    • Bentuk instrumen
      • Tes Subyektif
      • Tugas Individual







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Satuan Pendidikan : MAN 3 PEKALONGAN
Mata Pelajaran : AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran


  1. Standar Kompetensi:
1. Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah


  1. Kompetensi Dasar
1.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. An-Nahl 125 ; QS. Asy Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah


  1. Indikator Pencapaian Kompetensi :
    • Menunjukkan perilaku orang melaksanakan dakwah dengan strategi bil hikmah, mau’idhah hasanah, dan mujadalah(dialog) seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125.
    • Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari lingkungan keluarga seperti terkandung dalam QS. QS. Asy-Syu’ara: 214-216,
    • Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah secara terang-terangan di masyarakat seperti terkandung dalam QS Al-Hijr 94-96
    • Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari masalah yang paling sederhana dan kecil di lingkungan keluarga dan masyarakat seperti terkandung dalam hadits tentang kewajiban berdakwah
Nilai Karakter Bangsa
    • Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
    • Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
    • Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
    • Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
    • Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


  1. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
    • Menunjukkan perilaku orang melaksanakan dakwah dengan strategi bil hikmah, mau’idhah hasanah, dan mujadalah(dialog) seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125.
    • Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari lingkungan keluarga seperti terkandung dalam QS. QS. Asy-Syu’ara: 214-216,
    • Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah secara terang-terangan di masyarakat seperti terkandung dalam QS Al-Hijr 94-96
    • Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari masalah yang paling sederhana dan kecil di lingkungan keluarga dan masyarakat seperti terkandung dalam hadits tentang kewajiban berdakwah


  1. Materi Pembelajaran :
    • QS. An-Nahl: 125
    • QS. Asy-Syu’ara: 214-216
    • QS Al-Hijr: 94-96
    • hadits tentang kewajiban berda’wah


  1. Metode Pembelajaran
    • Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
    • Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi


  1. Langkah Pembelajaran :
    • Pendahuluaan
    • Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
    • Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    • Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
    • Kegiatan
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
    • Siswa dibagi 7 kelompok(sesuai dengan pokok permasalahan yang akan dibahas)
    • Guru menyampaikan beberapa gambaran tentang pribadi orang yang berdakwah.
    • Guru membagikan tugas yang harus diselesaikan masing-masing kelompok dengan permasalahan yang berbeda.
    • Semua siswa memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau mengingat kembali tokoh yang diidolakan berdasarkan pengalaman yang pernah dialami/dilihat di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang melaksanakan dakwah
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
    • Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang melakukan kegiatan untuk dakwah
    • Mengambil kesepakatan untuk memainkan peran cara berdakwah sesuai dengan tugas yang diberikan kepada kelompok
    • Perwakilan dari kelompok secara bergantian dengan kelompok lain memainkan peran seorang da’i.
    • Feed back diberikan kepada pemeran dari kelompok lain
    • Diskusi kelas tentang pengalaman terhadap peran tersebut.
    • Guru memberi ulasan terakhir mengenai inti pembahasan materi
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
    • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
    • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
  • Penutup
    • Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
    • Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
    • Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
    • Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru dst….. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);


  1. Sumber Belajar :
    • Buku pelajaran siswa
    • Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    • Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
    • Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
    • M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    • Referensi perpustakaan
    • Internet
    • Lingkungan sosial
    • Media audio visual
    • Media cetak
  1. Penilaian
    • Penilaian Proses
    • Penilaian Hasil
    • Jenis Tagihan:
      • Tes Tulis
      • Tugas
    • Bentuk instrumen
      • Tes Subyektif
      • Tugas Individual






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Satuan Pendidikan : MAN 3 PEKALONGAN
Mata Pelajaran : AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran


  1. Standar Kompetensi:
1. Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah


  1. Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan kandungan QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah


  1. Indikator Pencapaian Kompetensi :
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang strategi berdakwah seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang dakwah kepada keraat sebagaimana terkandung dalam QS Asy-Syu’ara’: 214
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang berdakwah dengan rendah hati seperti yang terkandung dalam QS Asy-Syu’ara’;:215-216
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang dakwah secara terang-terangan seperti terkandung dalam QS Al- Hijr:94
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang perlindungan Allah kepada seorang da’i apabila mendapat tantangan seperti terkandung dalam QS.Al-Hijr 215-216.
    • Menjelaskan kandungan hadits tentang balasan bagi orang yang berdasar seperti terkandung dalam hadits hadits tentang kewajiban berdakwah
Nilai Karakter Bangsa
    • Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
    • Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
    • Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
    • Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
    • Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
  1. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang strategi berdakwah seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang dakwah kepada keraat sebagaimana terkandung dalam QS Asy-Syu’ara’: 214
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang berdakwah dengan rendah hati seperti yang terkandung dalam QS Asy-Syu’ara’;:215-216
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang dakwah secara terang-terangan seperti terkandung dalam QS Al- Hijr:94
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang perlindungan Allah kepada seorang da’i apabila mendapat tantangan seperti terkandung dalam QS.Al-Hijr 215-216.
    • Menjelaskan kandungan hadits tentang balasan bagi orang yang berdasar seperti terkandung dalam hadits hadits tentang kewajiban berdakwah


  1. Materi Pembelajaran :
    • KandunganQS. An-Nahl: 125
    • Dakwah dilaksanakan dengan hikmah, mau’idhah hasanah dan mujadalah yang baik.
    • QS. Asy-Syu’ara: 214 - 216; dakwah Nabi kepada kerabat dan keluarga dekat.
    • QS. Al-Hijr: 94-96: Dakwah Nabi secara terang-terangan kepada kaum musyrikin Makkah.
    • Hadits tentang kewajiban berda’wah .Orang yang berdakwah dengan ihlas akan mendapat limpahan pahala yang berlipat ganda


  1. Metode Pembelajaran
    • Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
    • Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi








  1. Langkah Pembelajaran :
    • Pendahuluaan
    • Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
    • Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    • Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
    • Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
    • Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
    • Menggali nformasi mengenai penjelasan atau tafsir dari ayat tentang berkompetisi dalam kebaikan dari berbagai sumber belajar.
    • Membahas satu persatu kandungan QS. Al Baqarah :148; QS. Al Fatir : 32 dan QS. An Nahl : 97
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
    • Dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
    • Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
    • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
    • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.


  • Penutup
    • Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
    • Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
    • Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
    • Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru dst….. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);


  1. Sumber Belajar :
    • Buku pelajaran siswa
    • Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    • Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas
    • M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.


  1. Penilaian
    • Penilaian Hasil
    • Jenis Tagihan:
      • Tes Tulis
      • Tugas
    • Bentuk instrumen
      • Tes Subyektif
      • Tugas Individual






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Satuan Pendidikan : MAN 3 PEKALONGAN
Mata Pelajaran : AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran


  1. Standar Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat


  1. Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan kandungan QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132; QS. al-An’am: 70; QS.An-Nisa’ :36 dan QS. Hud: 117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat


  1. Indikator Pencapaian Kompetensi :
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang kewajiban manusia untuk menjaga diri dan keluarganya agar terhindar dari siksa api neraka seperti terkandung dalam QS. At-Tahrim:6
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah untuk menegakkan sholat dan saar dalam l sebagaimana terkandung dalam QS Thaha:132
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah meninggalkan orang yang menjadikan agama seagai permainan seperti yang terkandung dalam QS Al-An’am’70
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang Kewajiban manusia menyembah Allah dan berbuat aik kepada sesama manusia seperti terkandung dalam QS An-Nisa’:36
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang kekuasaan Allah untuk menjadikan umat yang satu atau membinasakannya seperti terkandung dalam QS.Huud:117-119
    • Menjelaskan kandungan hadits tentang kewajiban yang harus dilaksanakan manuisia seperti terkandung dalam hadits tentang tanggung jawab manusia
Nilai Karakter Bangsa
    • Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.


Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
    • Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
    • Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
    • Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
    • Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


  1. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang kewajiban manusia untuk menjaga diri dan keluarganya agar terhindar dari siksa api neraka seperti terkandung dalam QS. At-Tahrim:6
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah untuk menegakkan sholat dan saar dalam l sebagaimana terkandung dalam QS Thaha:132
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah meninggalkan orang yang menjadikan agama seagai permainan seperti yang terkandung dalam QS Al-An’am’70
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang Kewajiban manusia menyembah Allah dan berbuat aik kepada sesama manusia seperti terkandung dalam QS An-Nisa’:36
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang kekuasaan Allah untuk menjadikan umat yang satu atau membinasakannya seperti terkandung dalam QS.Huud:117-119
    • Menjelaskan kandungan hadits tentang kewajiban yang harus dilaksanakan manuisia seperti terkandung dalam hadits tentang tanggung jawab manusia


  1. Materi Pembelajaran :
    • QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132.
    • Allah memerintahkan orang mukmin, terutama orang tua untuk menjaga diri-nya sendiri, keluarga, dan anaknya dari api neraka
    • QS. Al-An’am: 70 Allah memerintahkan kaum muslimin agar meninggalkan orang-orang yang menjadikan agama-Nya sebagai permainan.
    • QS.An-Nisa’ :36 Kewajiban manusia Menyembah Allah Berbakti kepada orang tua, berbuat baik kepada sesama manusia. Menjauhkan dari sifat yang tidak baik.
    • QS.Hud:117-119 Allah SWt tidak akan membinasakan suatu negeri selama penduduk negeri itu masih berbuat kebaikan.
    • Hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat


  1. Metode Pembelajaran
    • Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
    • Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
  1. Langkah Pembelajaran :
    • Pendahuluaan
    • Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
    • Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    • Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
    • Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
    • Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
    • Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari ayat tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat dari berbagai sumber belajar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
    • Membahas satu persatu kandungan QS At-Tahrim: 6,QS. Thaha: 132; QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
    • Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
    • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
    • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.


  • Penutup
    • Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
    • Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
    • Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
    • Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru dst….. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);


  1. Sumber Belajar :
    • Buku pelajaran siswa
    • Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    • Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
    • M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    • Referensi perpustakaan
    • Internet
    • Lingkungan sosial
    • Media audio visual
    • Media cetak


  1. Penilaian
    • Penilaian Proses
    • Penilaian Hasil
    • Jenis Tagihan:
      • Tes Tulis
      • Tugas
    • Bentuk instrumen
      • Tes Subyektif
      • Tugas Individual







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Satuan Pendidikan : MAN 3 PEKALONGAN
Mata Pelajaran : AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran




  1. Standar Kompetensi:
3. Memahami ayat–ayat al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur


  1. Kompetensi Dasar
3.2 Menjelaskan kandungan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur


  1. Indikator Pencapaian Kompetensi :
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang menegakkan kebenaran karena Allah dan menjadi saksi yang adil seperti terkandung dalam QS. Al-Maidah :8-10
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah melaksanakan sikap adil, ihsan , dan memberi kepada kerabat sebagaimana terkandung dalam QS An-Nahl:90.
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang larangan melakukan perbuatan keji, munkar dan permusuhan seperti yang terkandung dalam QS An-Nahl:90.
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang perinatah menepati janji dan sumpah seperti terkandung dalam QS An-Nahl:91-92.
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang Keharusan berlaku adil dan tidak memihak dalam menetapkan hukum. seperti terkandung dalam QS.An-Nisa’:105.
    • Menjelaskan kandungan hadits tentang melaksanakan keadilan dalam hukum dan hal-hal yang diamanatkan kepadanya
Nilai Karakter Bangsa
    • Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
    • Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
    • Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
    • Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
    • Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
  1. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang menegakkan kebenaran karena Allah dan menjadi saksi yang adil seperti terkandung dalam QS. Al-Maidah :8-10
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah melaksanakan sikap adil, ihsan , dan memberi kepada kerabat sebagaimana terkandung dalam QS An-Nahl:90.
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang larangan melakukan perbuatan keji, munkar dan permusuhan seperti yang terkandung dalam QS An-Nahl:90.
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang perinatah menepati janji dan sumpah seperti terkandung dalam QS An-Nahl:91-92.
    • Menjelaskan kandungan ayat tentang Keharusan berlaku adil dan tidak memihak dalam menetapkan hukum. seperti terkandung dalam QS.An-Nisa’:105.
    • Menjelaskan kandungan hadits tentang melaksanakan keadilan dalam hukum dan hal-hal yang diamanatkan kepadanya


  1. Materi Pembelajaran :
    • Kandungan QS.al-Maidah: 8-10; Perintah menegak-kan kebenaran dan menjadi saksi yang adil
    • QS.An-Nahl:90- 92 Tiga perintah yang harus dikerjakan: Adil, ihsan dan memberi kepada keluarga dekat. Tiga larangan: berbuat keji, munkar dan permusuhan
    • QS An-Nisa’: 105 Keharusan berlaku adil dan tidak memihak dalam menetapkan hukum.
    • Hadits tentang melaksanakan keadilan dalam hukum dan hal-hal yang diamanatkan kepadanya


  1. Metode Pembelajaran
    • Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
    • Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
  1. Langkah Pembelajaran :
    • Pendahuluaan
    • Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
    • Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    • Tanya jawab secara klassikal tentang berlaku adil dan jujur
    • Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
    • Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
    • Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari ayat tentang berlaku adil dan jujur dari berba-gai sumber belajar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
    • Membahas satu persatu kandungan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur. dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
    • Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
    • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
    • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.


  • Penutup
    • Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
    • Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
    • Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);






  1. Sumber Belajar :
    • Buku pelajaran siswa
    • Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    • Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
    • M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    • Referensi perpustakaan
    • Internet


  1. Penilaian
    • Penilaian Proses
    • Penilaian Hasil
    • Jenis Tagihan:
      • Tes Tulis
      • Tugas
    • Bentuk instrumen
      • Tes Subyektif
      • Tugas Individual




Mengetahui,
Kepala MAN 3 Pekalongan






ACHMAD MUZANI, MAg
NIP.19710271998031002

Pekalongan, Juli 2012
Guru Mapel AL-Qur’an Hadits








GIYANTO, M.PdI
NIP. 197504152007101001

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Lebih Dekat Yan Lucky Aditya

makalah fiqih